JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

Program Kerjasama

Kamis, 11 Mei 2017 00:00 Written by  Mustam Arif
Program Kerjasama :: foto dokumen JUrnalCelebes

Energi Terbarukan, Peningkatan Ekonomi, Perbaikan Lingkugan

Mulai Agustus 2016-Desember 2017, JURnaL Celebes bekerjasama dengan Millennium ChallengeAccount Indonesia (MCA-Indonesia) melaksanakan program Pembangunan PLTMH untuk Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat secara Berkelanjutan di Desa Buangin, Kecamatan Towuti, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Program ini dilaksanakan JURnaL Celebes yang berkonsorsium dengan Wallacea Palopo dan Empati Luwu Timur.

Program ini mengembangkan energi terbarukan dan peningkatan ekonomi masyarakat dengan mengurangi penggunaan bahan bakar fosil. Kegiatan program ini meliputi; pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro-Hidro (PLTMH), pengembangan ekonomi masyarakat, penghijauan di kawasan tangkapan air (cathment area) serta penguatan kelembagaan dan regulasi desa. 

Konservasi Keragaman Hayati

Mendorong pelestarian keragaman hayati di kawasan karst di Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan. Program ini dilaksanakan atas kerjasama JURnaL Celebes dan Burung Indonesia yang didukung oleh CriticalEcosystemPartnershipFund (CEPF). Kegiatan yang dilaksanakan 2016-2017 ini adalah meningkatkan kapasitas pemerintah daerah dan parapihak, untuk bersama-sama mendorong adanya kebijakan konservasi pelestarian keragaman hayati di kawasan karst di Maros dan Pengkep. 

Mendorong Pengelolaan Hutan Lestari

Pemantauan kayu (hutan) secara berkala untuk mendorong terlaksananya pengelolaan hutan lestari lewat skema Sistem Verifikasi Legalitas Kayu. Program ini dilaksanakan dalam peran JURnaL Celebes sebagai lembaga yang memegang mandat koordinatorial Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) Sulawesi Selatan.    

Program Lembaga

  • Melaksanakan advokasi dan kampanye untuk mendorong upaya pelestarian lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.
  • Melaksanakan advokasi dan pemantauan media untuk mendorong peningkatan kualitas media dan pemanfaatan media secara sehat.
  • Melaksanakan kampanye penyadaran publik untuk perbaikan dan pelestarian lingkungan hidup berkelanjutan.
  • Mendorong kampanye peningkatan dan pemanfaatan media yang berkualitas untuk mencerdaskan masyarakat.
  • Melakukan pendampingan dan peningkatan kapasitas masyarakat dalam pelestarian lingkungan.
  • Melaksanakan pendampingan masyarakat untuk pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan.
  • Mengembangkan media alternatif untuk meningkatkan kecerdasan masyarakat. 

Program-program Kerjasama yang Pernah Dilaksanakan JURnaL Celebes di Antaranya;

  1. Pemberdayaan dan Pemanfaatan Media untuk Mendorong Perbaikan Kualitas Pelayalanan Publik untuk Program Kinerja USAID di Lima Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan, dukungan/kerjasama, USAID/RTI, 2012-2014.
  2. PengelolaProgram KampanyedanPenyadaranPublik di Sulawesi untuk Program Pemberdayaan Masyarakat Adat, PerubahanIklimdan REDD+, The SamdhanaIstitute, AMAN, JKPP, 2011-2015.
  3. PemantauanBelanjaIklanCalonPresiden, kolaborasiempat NGO di Indonesia denganSatuDunia, Mei-Juli 2014. 
  4. Riset Kesehatan Perusahaan Media di Sulawesi Selatan bekerjasama dengan Dewan Pers, September-Desember 2014.  
  5. PelatihandanPemantauanSistemVerifikasiLegalitasKayu, kerjasamadenganJarianganPemantauIndependenKehutanan (JPIK), Didukung oleh Kemitraan, November 2014-Januari 2015.
  6. Riset potensi tiga desa di Kabupaten Luwu dan Luwu dan Kabupaten Timur, kerjasama dengan PT Mars Indonesia (Maret-April 2015).
  7. Bersma UT MembangunPerisai Pantai, Program CSR Abdimasyarakat (Abdimas) Penghijauan, Universitas Terbuka dalambentukkonservasi mangrove (bakau) di KabupatenPangkajene Kepulauan (Pangkep), 2012.
  8. Riset tentang akses media terhadap masyarakat sekitar hutan di Sulawesi Selatan, kerjasama Centre InnovationPolicyGoverment (CIPG) dan HiVOS, 2012.
  9. Program Penyadaran Hak-hak Masyarakat untuk Layanan Dasar lewat Radio Komunitas, kerjasama dengan Kedutaan Besar AS (US Embassy) 2011. 
  10. Investigasi Perdagangan Kayu Illegal Internasional, 2010, bersama Telapak, Environmental Investigation Egency (EIA).
  11. Presentase dan Diskusi Publik Gambaran Umum Pengelolaan Sumber Daya Alam di Sulawesi Selatan tahun 2009.
  12. Pendokumentasian Pemetaan Partisipatif Kawasan Hutan Gowa, Maros dan Sinjai, kerjasama dengan Aliansi Masyarakat  Adat  Nusantara (AMAN) Sulsel dan Yayasan Sahabat Masyarakat Sulawesi (SMS) didukung Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan.
  13. Pengembangan Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil Pemantau Media sebagai Strategi Mendorong Peningkatan Kualitas Media dan Jurnalis di Sulawesi Selatan (2009-2010) bersama Yayasan Tifa.
  14. Koalisi Masyarakat Sipil dalam produksi dan Distribusi Informasi untuk penanggulangan Bencana, Kesiap-siagaan dan Tanggap Darurat Bencana. (2008) bersama Oxfam GB.
  15. Pengembangan sarana informasi dan komunikasi masyakat adat dataran tinggi Sando Batu, Kabupaten Sidrap, (2007-2008), bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Sidrap.
  16. Penelitian Pengembangan Jaringan Informasi dan Komunikasi Penanggulangan Bencana di Kecamatan Sinjai Barat, Kabupaten Sinjai (2007) bersama Oxfam GB.
  17. Advokasi dan Pendokumentasian sumber daya alam dan keanekaragaman hayati di wilayah dataran tinggi Tokalekaju Sulawesi, kerjasama Telapak, Yayasan Bumi Sawerigading (YBS) dan JURnaL Celebes atas dukungan Siemenpoe Finlandia, periode Desember 2005-Desember 2006.
  18. Program pengembangan jaringan informasi dan komunikasi pengelolaan sumber daya alam di wilayah Sulawesi, kerjasama dengan Departement for International Development  (DFID Inggris) lewat program Multistakeholders Forestry Programme (MFP) periode November  2005 – Desember 2006.
  19. Pengembangan jaringan informasi dan komunikasi radio komunitas di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat kerjasama JURnaL dengan Yayasan TIFA, periode Februari 2005- Januari 2006.
  20. Investigasi dan advokasi hutan dan perdagangan kayu di Luwu, Toraja, dan Mamuju, kerja sama dengan Telapk, EIA, 2004. 
  21. Investigasi perdagangan flora dan satwa endemik Sulawesi di Kawasan hutan Luwu raya dan Mamuju, kerjasama dengan Yayasan Telapak Indonesia, tahun 2004.
  22. Pelatihan jurnalistik investigasi hutan bagi wartawan media cetak dan elektronik se-Sulawesi Selatan kerjasama dengan Departement for International Delepoment (DFID) lewat program kerjasama DFID-Dephut RI Multistakeholders Forestry Programme (MFP), periode program Juli 2003- Agustus 2004. 
  23. Pengembangan jaringan informasi komunikasi pengelolaan hutan multipihak di Sulawesi Selatan, kerjasama dengan Departement for International Development/Pemerintah Inggris (DFID) di Jakarta, tahun 2004-2005.
  24. Seminar Jurnalisme HIV/AIDS, kerjasama dengan Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Provinsi Sulawesi Selatan, di Makassar, tahun 2003.
  25. Investigasi dan kampanye kerusakan sumberdaya hutan kerjasama Telapak Indonesia di Wilayah Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang di Gowa tahun 2003.
  26. Investigasi dan kampanye illegal logging di kawasan hutan Kabupaten Luwu, Mamuju, Polmas, kerjasama dengan Telapak 
Last modified on Senin, 15 Mei 2017 10:04
Read 153 times
Rate this item
(0 votes)

Komentar

Foto Kegiatan