Profil JURnal Celebes Featured

Jumat, 07 April 2017 00:00 Written by  Admin

Perkumpulan Jurnalis Advokasi Lingkungan Celebes atau disingkat JURnaL Celebes, adalah sebuah organisasi yang berbentuk perkumpulan beranggotakan para wartawan (jurnalis) dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan. 

Lembaga ini memiliki komitmen dan kepedulian dalam mendorong proses penyelesaian masalah-masalah lingkungan hidup, pengelolaan sumberdaya alam serta masalah sosial masyarakat akar rumput melalui pengembangan sistem informasi dan komunikasi.

Upaya yang dilakukan tersebut sebagai bagian dari gerakan masyarakat sipil untuk mendorong proses demokratisasi pengelolaan sumber daya alam dengan harapan adanya perubahan kebijakan yang menjamin kelestarian, keadilan dan kesejahteraan masyarakat. Lembaga ini juga mengembangkan dan memberdayakan media, terutama media-media alternatif untuk mendorong pemerataan dan kesetaraan inormasi bagi masyarakat. Media juga menjadi instrumen utama JURnaL Celebes untuk mencapai tujuan. 

JURnaL Celebes dibentuk pada tanggal 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai wadah independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil melalui kegiatan peningkatan kapasitas, berjejaring (networking), pendampingan (mentoring) pemantauan (monitoring), investigasi, kajian dan kampanye pengelolaan sumberdaya  alam  yang  berkeadilan. Saat ini Perkumpulan JURnaL Celebes telah memiliki 39 anggota berasal dari latar belakang NGO, jurnalis, dan person yang punya kepedulian.

Sejak 2011 hingga saat ini, JURnaL Celebes sebagai organisasi pelaksana Jariangan Pemantu Independen Kehutanan (JPIK) Sulawesi Selatan yang melalukan pemantauan secara berkala untuk mendukung terselenggaranya implemnetasi Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK).

JURnaL Celebes dilandasi legalitas Akta Notaris Lola Rosalina, SH No.6 Tahun 2002. Desember 2015, JURnaL Celebes melakukan penyesuaian Akta Notaris Perkumpulan, dan surat pengesahan dari Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, dan memperoleh pengesahan lembaga dengan status perkumpulan dari Kementerian Hukum dan HAM Nomor AHU-0026356.AH.01.07.Tahun 2015.

VISI

Terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

MISI

  • Menguatkan kapasitas dan mendampingi masyarakat, untuk mampu mengelola sumber daya alam berbasis pelestarian lingkungan hidup sebagai jaminan kesejahteraan.
  • Mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.
  • Membangun pengetahuan dan kecerdasan masyarakat menghadapi dampak perubahan iklim agar berdaya dalam ketahanan pangan.
  • Membangun jejaring dan kerjasama parapihak untuk menciptakan kebijakan yang menjamin pengelolaan sumber daya alam yang adil dan berkelanjutan.
  • Mengelola informasi untuk kampanye sumber daya alam berkelajutan.
  • Memfasilitasi peningkatan kapasitas media massa (jurnalis) untuk berperan menyadarkan masyarakat agar tidak mengeksploitasi sumber daya alam berlebihan.
  • Turut menumbuhkan media yang sehat untuk mencerdaskan masyarakat.
  • Berperan menyosialisasikan kesadaran berpola hidup ramah lingkungan.

 

LINGKUP KEGIATAN

  1. Pendampingan dan penguatan kapasitas masyarakat, pemerintah, organisasi/lembaga.
  2. Pelatihan menulis dan jurnalisme warga.
  3. Pelatihan sistem pengelolaan dan manajemen lingkungan. 
  4. Advokasi dan kampanye di bidang lingkungan.
  5. Pelatihan manajemen dan pengelolaan website dan media sosial
  6. Dokumentasi: Fotografi, Film Dokumenter, dan penulisan buku

 

TEAMWORK

  • Mustam Arif: Direktur Eksekutif
  • Anies Sjahrir: Program Officer, Spesialis Media dan Penulisan 
  • Sukmawati: Finance Manager
  • Iswandi: Admin Officer
  • Ady Hermawansyah: Manager Logistik
  • Sharif Jimar: Dokumentasi untuk Fotografi dan Film Dokumenter
  • Zeth Alik: Konsultan Energi Terbarukan, Spesialis PLTMH 
  • Andi Syamsuryati: Konsultan Lingkungan dan Pengelolaan DAS
  • Rudi Darmawan M:  Konsultan IT dan Website Developer

 

KONTAK

JURnaL Celebes
Jl. Borong Raya, Kompleks Delta Mas II Blok D 1 No. 14 Makassar 90233, Sulawesi Selatan, Indonesia
Telepon: 08114444737
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya., Website: www.jurnalcelebes.org
Facebook: www.facebook.com/jurnal.celebes, Twitter: @JURnaLCelebes

Last modified on Jumat, 22 September 2017 13:21
Read 162 times
Rate this item
(0 votes)

Komentar

Foto Kegiatan