JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

Aktivitas Lingkungan Sulsel Resmi Mendaftar Calon DPD-RI Featured

Rabu, 11 Juli 2018 00:00 Written by  Sharif
Asmar (Slesh) menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai calon anggota DPD di KPU Sulawesi Selatan, Rabu (11/07/2018) Asmar (Slesh) menyerahkan berkas pendaftarannya sebagai calon anggota DPD di KPU Sulawesi Selatan, Rabu (11/07/2018)

JURnaL Celebes. Aktivis lingkungan hidup, Asmar, ST, M.Si. menyerahkan berkas dan mendaftar sebagai calon senator atau calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan di Makassar, Rabu (11/07/2017). Demikian Asmar yang disapa Slesh ini telah melakukan pendaftaran secara resmi setelah melewati sejumlah tahapan, termasuk mengumpulkan dukungan masyarakat dan proses verifikasi administrasi secara faktual.

Asmar yang juga mantan Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Sulawesi Selatan ini, dalam pendataran ditemani oleh sejumlah kolega dari kalangan organisasi masyarakat sipil (CSO) dan keluarga. Dari NGO hadir di antaranya Muhammad Al Amien (Direktur Walhi Sulsel), Sardi Razak (Ketua AMAN Sulsel), Abdul Karim (LAPAR), Mustam Arif (Direktur JURnaL Celebes) dan Zainuri Hasim (Direktur Kaoem Telapak, Bogor).

Melalui Walhi, Asmar banyak berperan memberikan kontribusi mendorong peran masyarakat sipil dalam mempertahankan kelestarian lingkungan dan sumber daya alam serta mendorong upaya pemulihan lingkungan dan hak masyarakat. Asmar selama ini juga di kenal cukup aktif terlibat dalam gerakan sosial, agraria, HAM, anti korupsi dan gerakan masyarakat adat.

Sebelumnya, Asmar juga aktif di JURnal Celebes serta merupakan mantan Ketua Presidium Konsorsium Pembaruan Agraria (KPA) Wilayah Sulsel, satu organisasi jaringan nasional yang terus memperjuangkan pelaksanaan reforma agraria di Indonesia. Juga menjadi anggota aktif dari sejumlah organisasi nasional seperti Sawit Watch, Jariangan Kerja pemetaan Partisipatif (JKPP), KPA dan Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK).

Komisi Pemilihan Umum (KPU) secara resmi membuka pendaftaran untuk calon perseorangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD-RI) mulai tanggal 9 hingga 11 Juli 2018. Seperti diketahui sebanyak 24 calon anggota DPD Sulsel telah melalui sejumlah tahapan seperti penyerahan dukungan dari masyarakat hingga proses verifikasi administrasi dan faktual.

Menurut Asmar, satu-satunya calon senator dari kalangan LSM di Sulsel ini, niatnya maju sebagai calon anggota DPD-RI di dorong oleh komitmen yang kuat untuk berkontribusi membangun daerah Sulsel yang lebih adil, maju dan lestari. Membawa aspirasi masyarakat ke level yang lebih tinggi dan ikut memperjuangkan kepentingan masyarakat, daerah serta kelestarian lingkungan hidup. *

Last modified on Rabu, 11 Juli 2018 09:13
Read 172 times
Rate this item
(0 votes)

Komentar

Foto Kegiatan