Isu Lingkungan Tak Jadi Prioritas Pilgub Sulsel

Kamis, 07 Juni 2018 00:00 Written by 
Diskusi membahas isu lingkungan pada visi-misi calon Gubernur Sulawesi Selatan, 5 Juni 2018 di Rumah Buku. Diskusi membahas isu lingkungan pada visi-misi calon Gubernur Sulawesi Selatan, 5 Juni 2018 di Rumah Buku. mus

JURnaL Celebes. Lingkungan hidup tidak jadi isu prioritas dalam visi-misi calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada pemilihan gubernur (pilgub) 2018. Pada visi-misi empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, isu lingkungan tidak menyentuh substansi, kecuali gambaran formalistis. Karenanya, masyarakat sipil menghawatirkan persoalan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam tidak akan menjadi prioritas pembangunan di Sulawesi Selatan ke depan.

Kekhawatiran ini mengemuka pada diskusi dengan topik Meneropong Isu Lingkungan Hidup pada Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan 2018, di Makassar, 5 Juni 2018.

Para peserta diskusi menyatakan tidak bisa berharap banyak pada muatan isu lingkungan yang tercantum dalam visi-misi para kandidat gubernur/wakil gubernur. Hal ini juga kemudian tampak dalam debat calon gubernur dengan tema lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan. Namun, dalam debat tersebut, justru tidak mencerminkan secara substansial persoalan lingkungan hidup dan pengelolaan sumber daya alam di Sulawesi Selatan. Padahal, pada visi dan misi inilah yang nantinya menjadi acuan untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) selama masa jabatan gubernur terpilih.

Karenanya, akhir dari diskusi yang dihelat Mongabay Indonesia dan Kampung Buku ini, peserta diskusi menyepakati akan menyusun semacam rekomendasi untuk kemudian disampaikan kepada para calon gubernur dan wakil gubernur Sulsel. Ini merupakan cacatan bagi para kandidat, nantinya tidak mengabaikan isu pelestarian lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam berkelanjutan di Sulsel.

Diskusi yang dilaksanakan sambil menunggu buka puasa di Sekretariat Kampung Buku Makassar ini dihadiri oleh para aktivis lingkungan, pengamat, mahasiswa di Makassar. Sedangkan pengaya informasi sebagai narasumber diskusi yang dipandu Wahyu Chandra dari Mongabay Indonesia ini masing-masing Asmar Exwar aktivis lingkungan dan mantan Direktur Walhi Sulsel, Luhur Andi Prianto pengajar Universitas Muhammadiyah Makassar, dan Yusran Nurdin Massa dari Blue Forest. (m)

Last modified on Kamis, 01 November 2018 06:49
Read 315 times
Rate this item
(0 votes)

Komentar

Foto Kegiatan