JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

Koalisi CSO Bahas Perhutanan Sosial dengan Pejabat Kehutanan Featured

Kamis, 01 Februari 2018 00:00 Written by  mustamarif
Koalisi CSO Perhutanan Sulsel bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Muh. Tamsil dan Kepala Balai Perhutanan Sosial Wilayah Sulawesi, Muhsin. Koalisi CSO Perhutanan Sulsel bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Muh. Tamsil dan Kepala Balai Perhutanan Sosial Wilayah Sulawesi, Muhsin.

JURnaL Celebes. Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil/CSO untuk Perhutanan Sosial, 31 Januari 2018 bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dan jajarannya, serta Kepala Balai Perhutanan Sosial Wilayah Sulawesi di Makassar. Diskusi dengan suasana santai, koalisi yang diinisiasi melalui kegiatan program Pilar Nusantara (Pinus) ini menyampaikan berbagai masalah tentang perhutanan sosial di Sulawesi Selatan.

Pihak Dinas Kehutanan Sulsel maupun Balai Perhutanan Sosial Sulawesi pada pertemuan itu juga menyampaikan permasalahan, tantangan dan peluang-peluang dalam percepatan program perhutanan sosial di Sulawesi Selatan. Mereka mengharapkan peranserta CSO terutama yang tergabung dalam koalisi perhutanan sosial.

Salah satu pokok pembicaraan dalam pertemuan ini, yakni mendinamisasi Pokja Perhutanan Sosial Sulawesi Selatan. Diakui Pokja ini masih punya banyak keterbatasan baik personil, sarana dan prasarana maupun tantangan yang dihadapi dalam realisasi target perhutanan sosial di Sulawesi Selatan. Karena itu, pertemuan ini menyepakati Koalisi CSO Perhutanan Sosial akan memperkuat Pokja Perhutanan Sosial Sulawesi Selatan. Salah satunya, koalisi diminta agar menyampaikan peta jalan (road map) perhutanan sosial yang sementara disusun koalisi. 

Selain itu, kolaisi juga diminta mengajukan personil yang akan memperkuat Pokja Perhutanan Sosial sulawesi Selatan. Roadmap Perhutanan Sosial ini nantinya disampaikan dan dibahas pada Lokakarya Rencana Kerja Perhutanan Sosial Sulawesi Selatan yang akan dilaksanakan pada 6-9 Februari 2018 di Makassar.

Selain berdiskusi dengan Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, Muh. Tamzil dan Kepala Balai Perhutanan Sosial Sulawesi, Muhsin, koalisi melanjutkan kegiatan yang dilaksanakan di Cafe Corner itu dengan pembahasan Roadmap Perhutanan Sosial yang sudah mulai disusun melalui kegiatan workshop sebelumnya di Makassar.

Last modified on Kamis, 01 Maret 2018 04:19
Read 314 times
Rate this item
(0 votes)

Komentar

Foto Kegiatan