JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

Temu Pembelajaran Mitra MCA-Indonesia

Jumat, 26 Januari 2018 00:00 Written by  mustamarif

JURnaL Celebes. Menjelang berakhirnya seluruh kegiatan proyek April 2018 mendatang, Millinnium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia) menggelar pertemuan seluruh mitra. Kegiatan yang dihelat di IPB Convention Hotel, Bogor, 23-24 Januari 2018 ini dirangkai dalam bentuk seminar dan lokakarya serta pameran hasil-hasil capaian proyek selama kurang lebih dua tahun. Pertemuan ini juga merupakan forum berbagi pengalaman, refleksi, serta melakukan evaluasi dan rekomendasi tindak lanjut.

Pertemuan dihadiri 52 lembaga mitra Proyek Kemakmuran Hijau yakni dari lembaga swadaya masyarakat/CSO yang telah melaksanakan program di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Masing-masing perwakilan lembaga mitra di bawah koordinasi lembaga manajemen implementaor Yayasan Kehati dan Euroconsult Mott MacDonald. Selain mempresentasikan capaian-capaian, juga memamerkan produk-produk dari capaian proyek.

Banyak capaian proyek yang ditampilkan baik dalam bentuk regulasi, dokumentasi, rekomendasi. Pelaksanaan Proyek Kemakmuran Hijau Jendela 2, pengelolaan sumber daya alam berbasis masyarakat ini juga menghasilkan produk-produk ekonomi hasil dampingan masyarakat dari lima bidang masing-masing perhutanan sosial, pertanian berkelanjutan, energi terbarukan, restorasi gambut, dan pemberdayaan ekonomi perempuan.

Hari pertama, pertemuan dilaksanakan dengan agenda refleksi dan diskusi tematik masing-masing bidang. Hasil yang dihasilkan dalam diskusi tersebut merumuskan lima rekomendasi tindaklanjut pasca proyek yang akan diserahkan kepada pemerintah. Selain lima bidang proyek MCA-Indonesia yang dibahas, satu kelompok diskusi tematik juga membahas tentang manajemen proyek MCA-Indonesia dalam implementasi proyek kemakmuran hijau ini berdasarkan pengalaman grantee (lembaga mitra).

Sedangkan lima rekomendasi masing-masing dari proyek perhutanan sosial, pertanian berkelanjutan, energi terbarukan, restorasi gambut dan pemberdayaan ekonomi perempuan dipresentasikan pada hari kedua. Presentasi rekomendasi ini ditanggapi oleh pihak kementerian terkait.

Sedangkan malam hari dilaksanakan makan malam bersama, serta pengumuman pemberian penghargaan kepada video, foto, dan poster terbaik yang dipamerkan selama kegiatan.

Last modified on Sabtu, 03 Februari 2018 09:38
Read 23 times
Rate this item
(0 votes)

Komentar

Foto Kegiatan