JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

JURnaL Celebes. Aktivis lingkungan hidup, Asmar, ST, M.Si. menyerahkan berkas dan mendaftar sebagai calon senator atau calon anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD-RI) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan di Makassar, Rabu (11/07/2017). Demikian Asmar yang disapa Slesh ini telah melakukan pendaftaran secara resmi setelah melewati sejumlah tahapan, termasuk mengumpulkan dukungan masyarakat dan proses verifikasi administrasi secara faktual.

JURnaL Celebes. Lingkungan hidup tidak jadi isu prioritas dalam visi-misi calon gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sulawesi Selatan pada pemilihan gubernur (pilgub) 2018. Pada visi-misi empat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, isu lingkungan tidak menyentuh substansi, kecuali gambaran formalistis. Karenanya, masyarakat sipil menghawatirkan persoalan lingkungan dan pengelolaan sumber daya alam tidak akan menjadi prioritas pembangunan di Sulawesi Selatan ke depan.

JURnaL Celebes. Keterbukaan informasi pengelolaan di sektor pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) masih sangat minim. Banyak instansi pemerintahan yang terkait pengelolaan SDA tidak menguasai informasi. Selain itu, tidak mau membuka informasi publik yang dianggap merugikan, karena masih minimnya pemahaman terhadap Undang-Undang No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

JURnaL Celebes. Forum Pemerhati Kompleks Danau Malili (FPKDM) menggelar Festival Kompleks Danau Malili memeriahkan Hari Jadi ke-15 Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Festival yang dihelat mulai 29 April hingga 1 Mei 2018. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong perlindungan Kompleks Danau Malili. Festival diisi berbagai kegiatan antara lain pembersihan serentak tiga danau Matano, Towuti dan Mahalona, sarasehan, serta lomba foto selfie di danau.

Halaman 1 dari 6

Berita Terkini

Press Release Update

Komentar

Foto Kegiatan