JURnal Celebes

adalah sebuah organisasi dalam bentuk asosiasi yang terdiri dari wartawan dan aktivis lembaga swadaya masyarakat (LSM/NGO) Sulawesi Selatan.

dibentuk pada 12 September 2002 di Makassar, Sulawesi Selatan, sebagai forum independen yang mendorong penguatan masyarakat sipil dan kampanye keadilan sumber daya alam.

Visi

terwujudnya masyarakat yang sadar akan hak dan kewajibannya dalam mendorong kebijakan dan pengelolaan lingkungan yang adil dan berkelanjutan.

Misi

mendorong kesadaran kolektif masyarakat untuk melindungi keanekaragaman hayati dan ekosistem sebagai basis ekonomi.

JURnaL Celebes. Koalisi Organisasi Masyarakat Sipil/CSO untuk Perhutanan Sosial, 31 Januari 2018 bertemu dan berdiskusi dengan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan dan jajarannya, serta Kepala Balai Perhutanan Sosial Wilayah Sulawesi di Makassar. Diskusi dengan suasana santai, koalisi yang diinisiasi melalui kegiatan program Pilar Nusantara (Pinus) ini menyampaikan berbagai masalah tentang perhutanan sosial di Sulawesi Selatan.

JURnaL Celebes. Walhi Sulawesi Selatan, 30 Januari 2018 melaksanakan workshop tentang penyelesaian konflik sumber daya alam dan lingkungan, di Makassar. Workshop ini membahas tentang program perhutanan sosial dan Tanah Objek Reforma Agraria (Tora). Workshop mempertemukan komunitas masyarakat dan organisasi masyarakat sipil/CSO ini menghasilkan rumusan perencanaan kegiatan selama satu tahun untuk mendorong percepatan program perhutanan sosial dan Tora, yang memastikan masyarakat bisa mengakses wilayah kelola.

Temu Pembelajaran Mitra MCA-Indonesia

Jumat, 26 Januari 2018 00:00 Written by

JURnaL Celebes. Menjelang berakhirnya seluruh kegiatan proyek April 2018 mendatang, Millinnium Challenge Account Indonesia (MCA-Indonesia) menggelar pertemuan seluruh mitra. Kegiatan yang dihelat di IPB Convention Hotel, Bogor, 23-24 Januari 2018 ini dirangkai dalam bentuk seminar dan lokakarya serta pameran hasil-hasil capaian proyek selama kurang lebih dua tahun. Pertemuan ini juga merupakan forum berbagi pengalaman, refleksi, serta melakukan evaluasi dan rekomendasi tindak lanjut.

Ekspor Kayu Bulat akan Picu Pembalakan Liar

Kamis, 14 Desember 2017 00:00 Written by

JURnaL Celebes. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengusulkan pemberlakuan ekspor kayu bulat. Kaoem Telapak dan Jaringan Pemantau Independen Kehutanan (JPIK) menolak tegas usulan ini. Bila usulan ini disetujui, pembalakan liar (illegal logging) dan penyelundupan kayu bulat akan kembali marak di Indonesia di Indonesia. Karenanya dua organisasi tersebut meminta KLHK membatalkan usulan tersebut.

Halaman 1 dari 5

Berita Terkini

Press Release Update

Komentar

Foto Kegiatan